HomeCelotehPerang Relawan Ganjar vs Puan

Perang Relawan Ganjar vs Puan

Kelompok relawan yang menyebut diri mereka sebagai Sahabat Ganjar mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Selang beberapa waktu, giliran Gema Perjuangan Maharani Nusantara (GPMN) menyatakan dukungan untuk Ketua DPR RI Puan Maharani di Pilpres 2024.


PinterPolitik.com

Bukan rahasia lagi kalau boyband atau girlband asal Korea memiliki influence yang luas banget, termasuk di Indonesia. Nggak jarang, para boyband dan girlband K-Pop ini memiliki fandom mereka masing-masing.

Buat para fandom ini, kesuksesan dan keberhasilan idola-idolanya adalah segalanya. Bahkan, fandom juga memiliki pengaruh sosial dan politik yang kuat lho di banyak negara. Kalau tidak percaya, coba saja tanya mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang akhirnya mendapati kampanyenya yang sepi pada Pilpres AS 2020 silam.

Selain itu, para fandom ini juga kadang terlibat dalam sebuah fanwar satu sama lain. ARMY yang merupakan fandom BTS dan EXO-l yang merupakan fandom EXO, misalnya, pernah menjadi nemesis dan saling bermusuhan satu sama lain.

Tapi, kalian tahu nggak kalau ternyata Indonesia juga punya fandom semacam ini? Tidak kalah “militant”, fandom-fandom baru ini mulai menampakkan gigihnya perjuangan mereka untuk idola mereka masing-masing. Berikut fandom yang cukup besar di Indonesia:

1. Projo & JoMan

Fandom satu ini sebenarnya bukanlah fandom baru. Meski begitu, fandom satu ini juga cukup solid dalam mendukung idola mereka, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bagaimana tidak? Projo ini sampai rela ingin bekerja untuk Jokowi setelah ada kabar yang beredar bahwa kelompok ini ingin mendapatkan posisi komisaris di salah satu badan usaha milik negara (BUMN).

Baca juga :  Puan Tidak Cocok Jadi Capres?
- Advertisement -

Selain fandom Projo, Jokowi juga punya fandom lain yang bernama JoMan (Jokowi Mania). JoMan pun kemarin dikabarkan sempat ingin agar idolanya bisa tetap menjabat selama 2-3 tahun setelah tahun 2024. Well, namanya juga fandom – pasti ingin yang terbaik untuk idolanya.

2. Sahabat Ganjar

Fandom satu ini mungkin baru saja populer dan mulai banyak menarik anggota. Bagaimana tidak? Idolanya – Ganjar Pranowo – baru saja memuncaki tangga-tangga survei Pilpres 2024.

Meski baru, fandom satu ini bisa dibilang cukup agresif dan berpengaruh. Boleh jadi, kini fandom ini mulai setingkat dengan fandom yang sudah dikenal terlebih dahulu.

Dalam banyak kesempatan, fandom satu ini banyak mengadakan kegiatan-kegiatan deklarasi. Bahkan, banyak kegiatannya mulai mendapatkan “perlawanan” dari para fandom lain – utamanya fandom Gema Perjuangan Maharani Nusantara (GPMN)

Baca Juga: Apapun yang Terjadi, Ganjar Tetap PDIP?

Tarung Relawan Ganjar Puan Airlangga Cak Imin

3. Gema Perjuangan Maharani Nusantara (GPMN)

Tidak kalah agresif dengan Sahabat Ganjar, fandom GPMN ini juga mulai aktif mengadakan kegiatan deklarasi. Mungkin, fandom satu ini mulai terusik dengan aktivitas fandom rivalnya, Sahabat Ganjar. Seperti fandom ARMY dan EXO-L di Korea Selatan (Korsel), GPMN dan Sahabat Ganjar sepertinya mulai aktif berdebat guna mendukung idola masing-masing.

Hal yang unik dari fandom satu ini adalah cara mereka untuk mendukung idolanya, Puan Maharani. Dibandingkan dengan fandom lain, fandom satu ini tampaknya menjadi fandom yang paling aktif memasang poster di banyak tempat.

4. Barisan Airlangga Hartarto (BARA)

Kelompok penggemar satu ini bisa dibilang juga masih baru. Meski idola fandom ini – Airlangga Hartarto – bukanlah wajah asing lagi di dunia politik, fandom BARA baru mulai aktif baru-baru ini.

Baca juga :  Surya Paloh Siap Relakan Megawati?
- Advertisement -

Mirip dengan fandom Puan, Airlangga juga mulai aktif memasang poster di banyak wilayah di penjuru Indonesia. Meskipun aktif sedemikian rupa, Airlangga belum juga berhasil memuncaki tangga lagu Pilpres 2024.

5. Jejaring Relawan Muhaimin Iskandar (Jerami)

Seperti Airlangga, Muhaimin Iskandar – biasa disapa Cak Imin, Gus AMI, atau Gus Muhaimin – juga bukanlah wajah baru di dunia per-fandom-an politik. Namun, Cak Imin tidak mudah menyerah untuk membuatnya tetap diperhitungkan di tangga lagu Pilpres 2024.

Ada satu persoalan yang mungkin tengah dihadapi fandom ini, yakni banyaknya nama panggung Cak Imin. Terkadang, fandom-nya pun bingung harus memanggil Muhaimin dengan nama apa – entah itu Cak Imin, Gus AMI, atau Gus Muhaimin.

Ya, itulah lima fandom yang mungkin patut diperhitungkan di dunia per-fandom-an politik Indonesia. Meski banyak dari mereka memiliki idola yang berbeda, mereka tetap solid dan “militant” untuk mendukung idola mereka masing-masing – bahkan, bila perlu, mereka akan menyindir satu sama lain seperti apa yang terjadi antara GPMN dan Sahabat Ganjar. Ya, namanya juga fandom – apalagi kalau itu fandom politik. (A43)

Baca Juga: Prabowo-Puan Lebih Realistis?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

More Stories

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo Pasti Gagal di 2024?

Nama Prabowo Subianto dirumorkan bakal jadi sosok yang didukung Presiden Jokowi di 2024. Mengapa hal itu sebenarnya mustahil?