Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > PDIP, Partai Paling Bersih?

PDIP, Partai Paling Bersih?


A43 - Thursday, May 27, 2021 12:00
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Ketua DPP Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan PDIP Yasonna Laoly (kiri) mengumumkan pembentukan tim hukum untuk merespons dugaan kasus korupsi yang melibatkan kader PDIP yang bernama Harun Masiku. (Foto: Antara)

0 min read

Hasil survei Puspoll menunjukkan bahwa PDIP merupakan partai politik yang dinilai paling bersih dari kasus-kasus korupsi dan dinilai aktif mendorong upaya pemberantasan korupsi. Apakah akhirnya doa Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri terjawab?


PinterPolitik.com

Momen Lebaran Idulfitri 1442 H mungkin telah berlalu. Bagaimana tidak? Pemerintah kini tengah disibukkan dengan persiapan akan potensi peningkatan kasus Covid-19 akibat arus balik mudik.

Namun, tentunya, pandemi Covid-19 tidak serta merta menghilangkan makna dari Idulfitri itu sendiri. Kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan kerap dimaknai sebagai lembar baru.

Masyarakat akan saling bermaaf-maafan sehingga jiwa kita kembali putih dan fitrah. Tentunya, ada juga makna keikhlasan hati di balik upaya untuk memohon dan memberikan maaf pada satu sama lain.

Mungkin, budaya membuka lembar baru pada momen-momen Idulfitri ini nggak hanya berlaku bagi individu-individu aja, melainkan juga bagi organisasi-organisasi seperti partai politik (parpol).

Lha, gimana nggak? Ada lho hasil survei dari Puspoll yang mengatakan bahwa PDIP menjadi parpol yang paling bersih dari kasus korupsi. Katanya sih, PDIP ini mendapatkan skor 15,7 persen soal ini – disusul oleh Gerindra (10 persen), PKS (7,8 persen), PKB (7,6 persen), dan seterusnya.

Baca Juga: PDIP Hilang Dari Bansos?

Sedih Megawati untuk PDIP Korupsi

Hmm, mungkin nih, akhirnya banyak responden survei yang sudah memaafkan PDIP kali ya? Kan, baru-baru ini momen Lebaran Idulfitri 1442 H. Makanya, PDIP bisa kembali “bersih” ya? Hehe.

Soalnya nih, kalau diingat-ingat, ada lho sejumlah kasus korupsi terkini yang melibatkan kader-kader PDIP. Kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos), misalnya, melibatkan mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara yang merupakan kader PDIP lho.

Belum lagi, ada juga kasus dugaan suap yang melibatkan Harun Masiku, yang sampai saat ini belum juga menemui titik jelas. Hmm, mungkin, ini karena saking jagonya dalam “membersihkan” ya – sampai susah ditemukan? Hehe.

Tapi, gaapa lah. Mungkin, ini jawaban atas doa Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri yang beberapa waktu lalu resah dengan kasus-kasus korupsi yang menjerat kadernya. Bahkan, Bu Mega berharap agar PDIP nggak nyungsep akibat kasus-kasus korupsi.

Eh, tapi, sebentar sebentar. Apa mungkin ini justru bentuk satire dari lembaga survei ini kepada PDIP ya? Hmm, keren uga sih kalau ternyata hasil survei ini adalah sarkasme pada PDIP – kerasa banget damage-nya. Hehe. (A43)

Baca Juga: Megawati Cegah PDIP Nyungsep?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait