Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Pasrah Risma Beri Bansos?

Pasrah Risma Beri Bansos?


A43 - Sunday, August 1, 2021 7:00
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) memberi arahan kepada sejumlah petugas. (Foto: Kemensos)

0 min read

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa membantu rakyat secara terus-menerus di tengah pandemi Covid-19 ini. Apakah pernyataan ini seakan-akan bahwa Risma telah pasrah?


PinterPolitik.com

Kalian pernah nggak tuh mau izin nongkrong sama teman-teman kalian ke orang tua? Hampir semua pasti pernah lah ya. Wong namanya anak yang baik dan tidak nakal, pasti harus izin dan tidak membuat orang tua khawatir.

Nah, aku juga pernah nih, gaes, mengalami momen-momen seperti itu waktu masih duduk di bangku SMA. Ceritanya nih, aku dan teman-teman sekelas mau pergi berlibur di akhir pekan. Tujuannya sih nggak jauh-jauh banget kok dari Surabaya, Jawa Timur (Jatim), yakni di Trawas, Mojokerto.

Wah, pokoknya asik pol lah ya kalau bisa pergi liburan sama teman-teman sekelas, apalagi Trawas itu daerahnya adem-adem gitu – macam Puncak lah ya. Hehe. Untungnya, sih ibu dan bapakku ngizinin tuh biar aku bisa berangkat.

Ya, meski kali ini diizinkan nih, bukan berarti kita bisa ngelunjak ya. Harus sadar diri juga kalau mau minta izin dan pergi-pergi sembarangan. Kan, jadinya sungkan juga tuh ke orang tua kalau bisanya ngehabisin uang terus. Kalau di istilah internet sekarang, sebutannya adalah “beban keluarga”. Hehe.

Eh, tapi, kalian pernah nggak sih minta izin dan uang sangu ke orang tua buat ngetes bakal dikasih apa nggak? Namanya juga eksperimen, kan? Biar mastiin aja sekalian mempelajari pola dari boleh nggak-nya orang tua. Siapa tahu kan bisa nyusun strategi-strategi selanjutnya? Hehe.

Nah, mungkin yang macam gini nih yang dilakukan oleh si Haley Dunphy di seri komedi Modern Family (2009-2020), khususnya episode “Party Crasher”. Ceritanya nih, Haley mau ngetes kedua orang tuanya – Phil dan Claire – dengan pacaran sama orang yang sekiranya seumuran sama bapaknya, yakni Kenny.

Baca Juga: Risma Punya “Mainan” Baru?

Risma Marah-marah Lagi

Si Phil sebenarnya udah kesel banget tuh sama Kenny tapi Claire berusaha nahan Phil karena dia tau ini cuma sebuah permainannya Haley. Alhasil, mereka hanya nge-iya-in Haley kalau mau apel sama si Kenny – sampai akhirnya Haley sendiri frustrasi tuh sama Phil dan Claire. Jadinya kayak, “Kok jadi seperti sak karepmu terus gitu?”

Hal yang mirip juga kejadian nih di dunia nyata. Gimana nggak? Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) beberapa waktu lalu tiba-tiba bilang kalau pemerintah nggak bisa membantu rakyat secara terus-menerus dengan memberikan bantuan sosial (bansos).

Waduh, moso iyo sosok yang dulu dianggap sebagai emak’e arek-arek Surabaya malah jadi mirip Phil dan Claire di Modern Family? Apa Bu Risma ini udah pasrah ngurusin anak-anak (rakyat) di tengah pandemi gini?

Tapi nih, Bu Risma perlu tetap belajar ke Phil dan Claire juga nih. Meski Phil dan Claire kadang-kadang jadi serba “sak karepmugitu, mereka se-enggak-nya tetap ngasih uang sangu lah ya.

Luke – adik Haley – di episode “The Old Man & the Tree”, misalnya, tetap dapat sangu dalam enam minggu lho. Ya, mungkin, Phil dan Claire pengen Luke tetap bisa beli jajan dan main sama teman-temannya. Nah ini, moso Bu Risma nggak takut arek-arek kenapa-kenapa kalau nggak dikasih uang sangu? Hmm, yaopo nasibnya arek-arek nanti, Bu? Huhu.

Sampai-sampai nih, ada yang tanya, masa fakir miskin dan anak terlantar sekarang dipelihara dengan KitaBisa.com (platform donasi)? Padahal, kan, di Pasal 34 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) 1945, bunyinya gini, “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.” Hayoo, yaopo iku, Bu? (A43)

Baca Juga: Inikah Cita-cita Risma?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait