Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Menyingkap Ngabalinisasi ala Rocky Gerung

Menyingkap Ngabalinisasi ala Rocky Gerung


A43 - Friday, September 3, 2021 12:00
Pengamat politik Rocky Gerung (kanan), ketika berbicara dalam suatu kegiatan. (Foto: Media Indonesia)

0 min read

Sejumlah ketua umum (ketum) partai politik (parpol) – seperti Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto – memberikan pujian kepada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) ketika bertemu dan makan malam bersama parpol koalisi. Menurut pengamat politik Rocky Gerung, upaya saling puji ini merupakan bentuk fenomena Ngabalinisasi.


PinterPolitik.com

WORDS OF THE DAY | PinPol Dictionary


Vickynisasi

Vickynisasi – atau kadang Vickinisasi – merupakan fenomena perpaduan bahasa campuran atas Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Meski begitu, paduan kata dan frasa dalam Vickynisasi kerap menghasilkan kalimat dengan arti yang membingungkan.

Vicky: I am experiencing kontroversi hati yang massive dan massal.

Prasetyo: Aduh, jangan pakai Vickynisasi! Gue susah paham.

Kuy

Sebuah kata yang bertransformasi dari bahasa gaul lainnya, yakni “Yuk”. Penggunaannya juga mirip dengan kata tersebut.

Budi: Di, udah makan belum? Maksi yuk!

Adi: Laper gue. Ya kali gak kuy!

Pansos

Pansos adalah singkatan dari frasa “panjat sosial”. Frasa ini kerap digunakan untuk menjelaskan fenomena atau upaya seseorang untuk menaiki tingkatan strata sosial di masyarakat.

Anak-anak zaman sekarang banyak banget yang pansos. Kek, keliatan banget pengen kelihatan kaya. Padahal, mah pakai uang orang tua, bukan duit sendiri.

Haqiqi

1. Memiliki arti seperti “intinya”, “sebenarnya”, dan “sesungguhnya”.

2. Merupakan kata plesetan dari kata “hakiki” yang memiliki arti “benar” dalam Bahasa Indonesia.

Gila! Seblak yang aku beli kemarin di pojokan rumahmu rasanya enak banget. Sungguh merupakan sebuah seblak yang haqiqi.

Baca Juga: Otak Sungsang, Taktik Jitu Ngabalin?

Prabowo Pasang Badan untuk Jokowi

Ngabalinisasi

Sebuah kata yang dimunculkan oleh pengamat politik Rocky Gerung. Istilah “Ngabalinisasi” sendiri berasal dari nama Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin (nemesis Rocky). Kata ini digunakan Rocky untuk menggambarkan ketua-ketua umum partai politik yang dianggap memuji – alias “menjilat” – ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adi: Bud, kenapa lo kok kayak kelihatan capek banget?

Budi: Iya, Di. Mural gue dihapus terus dari kemarin. Masa iya gue harus bikin mural Ngabalinisasi biar nggak dihapus?

Woles

1. Merupakan kata plesetan dari pelafalan kata “slow” dalam Bahasa Inggris.

2. Pembalikan kata dari plesetan kata “selow”.

Kita jadi rakyat jangan sering nge-gas ke pemerintah. Woles aja mah kalau menjalani hidup.

404: Not Found

1. Kode yang sering muncul apabila laman di suatu situs tidak ditemukan (error).

2. Frasa yang ramai digunakan karena viralnya mural bergambarkan muka Presiden Jokowi.

A: Bro, ke mana ya perginya demokrasi di negara ini?

B: Sama seperti mural kemarin, Bro. 404: Not Found!

Tukang Bakso

1. Penjual makanan berkuah yang bernama bakso.

2. Frasa yang digunakan untuk merujuk intel yang menyamar. Kadang juga digunakan frasa penjual makanan jenis lainnya: seperti tukang nasi goreng, tukang cilok, dll.

Ani: Ini semua karena pemerintah yang kurang mengerti rakyat, Bro!

Budi: Iya, benar… Eh, kok tumben ada tukang bakso lewat ya di perumahan ini?

(A43)

Baca Juga: Ngabalin Atau Fahri, Siapa Pengganti Moeldoko?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait