Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Menteri Susi, Ekspor Ikan Turun!

Menteri Susi, Ekspor Ikan Turun!


R24 - Wednesday, January 10, 2018 20:26
Jokowi laut

0 min read

Polemik mengenai penenggelaman kapal yang terjadi antara dua menteri di kabinetnya, ditanggapi santai oleh Jokowi. Menurutnya, semua kebijakan menteri itu benar. Lho, maksudnya apa ya?






PinterPolitik.com

“Semua kebijakan itu pasti untuk kebaikan negara. Pasti untuk kebaikan rakyat. Tiap menteri pasti memiliki kebijakan dan kebijakan itu untuk kebaikan. Enggak ada yang untuk kejelekkan enggak ada. Semua saya dukung.”


[dropcap]M[/dropcap]enanggapi debat pendapat antara kedua menterinya, yaitu Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Presiden Jokowi ternyata menanggapinya dengan cara yang santai – seperti  biasanya, dan sebenarnya membuat orang jadi kebingungan.

Mengapa? Karena dalam komentarnya di atas, Jokowi sama sekali enggan menyatakan pendapat siapa yang benar, Luhut atau Susi? Jadi sebenarnya boleh tidak menenggelam kapal? Apalagi Wakil Presiden Jusuf Kalla sendiri sudah menyatakan kesepakatannya dengan Luhut. Jadi gimana sebenarnya Pak Presiden?

Alih-alih membuat keruh dengan memihak salah satunya, Jokowi menerangkan kalau Menteri Susi sebaiknya mulai fokus pada industri pengolahan ikan. Soalnya di tahun ini, ternyata ekspor dari pengolahan ikan mengalami penurunan. Bila ekspor turun, pendapatan negara otomatis ikut turun dong?



Jadi sebenarnya permasalahannya sesederhana itu toh, lalu mengapa Pak Luhut dan Pak JK pake ngelarang Bu Susi main bom segala ya? Apa mungkin, mungkin lho ini ya, Menteri Susi selama ini terlalu asyik nangkapin para nelayan ilegal dan ngebom kapal-kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia?

Hmm, kalau dilihat dari prestasinya menenggelamkan kapal-kapal yang santernya sampai ke seluruh dunia. Bahkan mendapat pujian dari aktor keren Amerika, Leonardo Dicaprio dan dikenali secara langsung oleh Pangeran Charles dari Inggris, tentu prestasinya menenggelamkan kapal bukan main-main. Dunia aja sampai heboh begitu!

Tapi eh tapi, memang ada baiknya sih bagi Menteri Susi untuk sama berprestasinya di bidang perikanan yang lain. Ya, seperti industri pengolahan ikan itu lho, Bu, misalnya. Apakah selama ini ibu cuekin, karena kesal kebijakan melarang cantrangnya di protes keras oleh para nelayan? Hmmm, mungkin memang ada baiknya ibu dengerin anjuran Pak Jokowi ya, daripada didepak dari kursinya. Haduh!  (R24)

Berita Terkait