HomeCelotehMengapa Jokowi “Buang” Fadjroel?

Mengapa Jokowi “Buang” Fadjroel?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan segera menunjuk sejumlah duta besar (dubes) baru yang akan mewakili Indonesia di sejumlah negara, termasuk Juru Bicara (Jubir) Kepresidenan Fadjroel Rachman yang disebut bakal menjadi dubes untuk Kazakhstan dan Tajikistan. Mengapa Jokowi malah “buang” jubirnya sendiri?


PinterPolitik.com

Hayoo, siapa yang di sini ingin bisa pergi berkeliling ke banyak negeri di luar sana? Hampir semua pasti menjawab iya. Ya iyalah, mimin juga pengen dong bisa pergi mengunjungi berbagai negeri termasyhur di dunia.

Dengan berkeliling dunia, kita bisa melihat-lihat keindahan dan keajaiban dunia. Nggak cuma itu, kita juga bisa belajar soal budaya-budaya lain sekaligus mencicipi berbagai jenis kuliner – mulai dari pasta, burger, sushi, hingga nasi lemak.

Apalagi nihmimin dulu ketika kuliah mengambil program studi Hubungan Internasional (HI). Beeuhudah jadi mimpi setiap anak HI tuh buat pergi ke luar negeri dan menjadi diplomat untuk mewakili Indonesia tercinta di luar sana.

Diplomat sendiri ada dua jenisnya lho, yakni ada diplomat karier dan diplomat non-karier. Nah, mereka yang jadi diplomat tanpa meniti karier dari awal ialah diplomat non-karier. Hmm, ada banyak kok contohnya dari diplomat non-karier. Kalau nggak percaya, coba aja tanya Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya. Hehe.

Baru-baru ini nih, ada sejumlah informasi tersebar yang berisikan 33 nama calon dubes baru yang akan ditunjuk dan dilantik. Di antara nama-nama tersebut, ada satu nama yang membuat mimin sedikit terkejut tuh, yakni nama Juru Bicara (Jubir) Kepresidenan Fadjroel Rachman.

LhagimanaWong Bung Fajdroel ini kan sudah ada di lingkaran ring satu ya. Kok malah sekarang semacam terbuang jauh dari lingkaran Istana? Hmm, ada apa nih, Bung Fadjroel?

Baca juga :  Mimpi Jokowi Bukan Mimpi Mega?
- Advertisement -

Kalau mimin nonton seri Game of Thrones (GoT) (2011-2019) dulu sih, ada tuh tokoh yang akhirnya diusir jauh. Salah satu ratu yang terkenal berpengaruh, Daenerys Targaryen, sempat mengasingkan kesatrianya, Jorah Mormont.

Baca Juga: Fadjroel Rachman Bikin Bingung Mudik?

Jokowi Buang Fadjroel

Nah, si Jorah ini semacam diasingkan tuh karena dinilai sudah merusak kepercayaan Danny – panggilan akrab Daenerys Targaryen. Alhasil, Jorah ini harus berpetualang terlebih dahulu buat kembali mendapatkan kepercatan sang ratu naga.

Apa iya nih kisah di GoT ini menggambarkan apa yang bakal dijalani oleh Bung Fadjroel? Soalnya, kan, bukan rahasia lagi kalau Bung Fadjroel ini sering bikin blunder selama jadi jubir. Bahkan, nggak jarang tuh pernyataannya malah bikin polemik di masyarakat.

Selain itu, ada lho kebiasaan presiden Indonesia yang membuang sosok-sosok pejabat dengan menjadikan mereka dubes. Kebiasaan ini kerap terjadi kala Presiden Soeharto menjabat dulu. Sampai-sampai, muncul tuh istilah “di-dubes-kan”. Wah, apa iya nih Bung Fadjroel tengah di-dubes-kan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)? Hehe.

Belum lagi, negara yang bakal dijadi tempat posting buat Bung Fadjroel adalah Kazakhstan (merangkap Tajikistan). Negara yang terletak di Asia Tengah ini bisa dibilang tidak terlalu penting tuh buat Indonesia.

Bahkan, ada yang bilang kalau negara seperti Kazakhstan ini adalah negara kelas C bagi para diplomat. Padahal, ada lho negara-negara kelas A yang dianggap penting pengaruhnya buat Indonesia, seperti Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa Barat.

Wah, masa kalah nih Bung Fadjroel sama Dino Patti Djalal (mantan Jubir Kepresidenan untuk Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY)? Pak Dino dulu setelah jadi Jubir malah langsung jadi Dubes Indonesia untuk AS lhoHayooUppss.

- Advertisement -

Ya, terlepas dari siapa mengapa Bung Fadjroel ini terkesan “dibuang” oleh Pak Jokowi, semoga aja beliau dapat lebih berkembang lah ya di Kazakhstan. Lumayan tuh, Bung Fadjroel. Di Kazakhstan ada tempat-tempat indah seperti Pegunungan Altai. Hehe. (A43)

Baca juga :  Selamat Ultah Presiden Jokowi!

Baca Juga: Fadjroel Rachman “Suka” Cara Orba?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

Zulhas Gak Nyambung?

Baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) langsung sidak ke pasar dan tiba-tiba berikan hadiah umrah kepada pedagang. Kenapa Zulhas melakukan...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

More Stories

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?