HomeCelotehMegawati Jago Riset dan Inovasi?

Megawati Jago Riset dan Inovasi?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksana Tri Handoko yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Meski begitu, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri bakal merangkap menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN.


PinterPolitik.com

Modifikasi merupakan hal yang wajar dan jarang dilakukan. Ketika kita beli teh boba yang biasa dijual di banyak pusat perbelanjaan, kadang sejumlah modifikasi pun dirasa perlu dilakukan – mulai dari ditambahkan topping hingga dikurangi kadar gulanya (less sugar).

Mimin, contohnya, biasa beli teh susu boba yang dimodifikasi. Terkadang, mimin lebih suka minum teh susu boba yang tidak terlalu manis dan, alhasil, meminta kadar gulanya untuk diturunkan pada 50-75 persen. Kalau udah gitu, biasanya rasanya nendangcuyHehe.

Nah, mungkin nih, modifikasi-modifikasi seperti ini nggak hanya dilakukan ketika membeli teh susu boba, melainkan juga kala menyusun struktur pemerintahan lhoLhagimana nggak? Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu akhirnya memutuskan untuk memodifikasi sejumlah kementerian dan lembaga di kabinetnya.

Salah satu lembaga yang muncul setelah modifikasi reshuffle ala Jokowi ini adalah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Agar dapat menjalankan tugas dengan baik, sang presiden pun menunjuk Laksana Tri Handoko yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai Kepala BRIN.

Tentunya, seperti acuan modifikasi teh susu boba, upaya riset dan inovasi yang dilakukan oleh BRIN juga perlu memiliki acuan dong. Mungkin, inilah sebabnya BRIN nanti memiliki Dewan Pengarah tuh.

Baca Juga: Siasat Nadiem “Rayu” Megawati?

Pesan untuk BRIN
- Advertisement -

Tapi nih, uniknya lagi nih, Dewan Pengarah BRIN ini kabarnya akan diisi oleh ex officio Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Hmm, katanya sih, keputusan ini diambil agar riset dan inovasi Indonesia bisa sejalan dengan nilai dan prinsip Pancasila.

Baca juga :  Megawati-Puan Maju di 2024?

Hmm, masa iya kalau meneliti tenaga surya, panel suryanya harus berbentuk Garuda Pancasila juga? Apakah nanti ada pesawat luar angkasa khas Indonesia yang bentuknya Garuda Pancasila juga? Weleh-weleh.

Ehtapi, bentar dulu. Kalau misalnya yang jadi Dewan Pengarah BPIP juga merangkap di BRIN, berarti yang bakal jadi Ketua Dewan Pengarahnya adalah Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri dongWah, keren uga tuh kalau Bu Mega jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN. Hehe.

Lhagimana nggak? Bu Mega ini kan setahu mimin tidak pernah tamat kuliah sarjana ya – meskipun udah beberapa kali mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) dari banyak perguruan tinggi.

Kan, kasihan nanti Bu Mega. Bisa-bisa bingung tuh dalam memberikan arahan penelitian kepada para peneliti di BRIN. Kan, penelitian skripsi aja belum pernah selesai. Masa iya mahasiswa tiba-tiba langsung disuruh jadi dosen pembimbing (dosbing)? Hehe. (A43)

Baca Juga: Megawati Ternyata “Ibu Tiri” Ganjar?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Mampukah Gus Yahya “Jatuhkan” Cak Imin?

Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi hubungan yang tidak mesra antara PKB dengan PBNU. Jika ketegangan terus...

Joe Biden Menginspirasi Prabowo?

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari, KH Irfan Yusuf Hakim (Gus Irfan), menyebut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah berucap bahwa Prabowo...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Megawati sang Profesor

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan. Apakah ini menunjukkan Megawati seorang politisi...

Mengapa Jokowi Merasa Kesepian?

Rocky Gerung menyebut batin Jokowi kini tengah kesepian kala momen Hari Raya Idulfitri 1443H. Mengapa Jokowi merasa kesepian?

Kenapa Megawati Singgung BTS?

Ketika menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan (Korsel), Megawati Soekarnoputri menyebut tidak ingin kalah dari cucunya yang...

Mencari Capres Ganteng ala Puan

Ketua DPR RI Puan Maharani sindir soal sosok capres potensial yang dapat dukungan karena ganteng. Siapa capres ganteng yang dimaksud Puan?

More Stories

“Permainan Bahasa” Anies Ganggu PDIP?

PDIP dan PSI persoalkan penamaan Jakarta International Stadium (JIS) yang gunakan Bahasa Inggris. Apakah ini permainan bahasa Anies vs PDIP?

Cak Imin Bisa “Tenggelam”?

Politikus PKB Umar Hasibuan sebut soal kemungkinan ancaman pembajakan terhadap PKB. Bila terjadi, mungkinkah Cak Imin bisa makin tenggelam?

Elon Musk: The New “Bill Gates”?

Nama CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk disorot media usai beli penuh Twitter. Kini, Musk baru saja bertemu Jokowi. Apakah Musk "Bill Gates" baru?