Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Luhut, Menteri Paling Repot?

Luhut, Menteri Paling Repot?


K32 - Tuesday, November 21, 2017 15:51
luhut binsar panjaitan

0 min read

Ada yang menyebut, Pak Luhut ibarat komandan segala macam. Maksudnya apa ya?






PinterPolitik.com

[dropcap]M[/dropcap]enko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bisa dianggap sebagai salah satu Menteri yang paling berpengaruh dalam Kabinet Jokowi-JK. Hal ini terlihat dari perannya selama ini. Bahkan akhir-akhir ini, beliau disebut sebagai menteri yang paling repot.

https://twitter.com/geloraco/status/932824778343309312

Komentar-komentar ini berasal dari warganet. Ada yang menyebut, Luhut ibarat komandan segala macam. Beragam tugas diembannya. Mulai urusan negara hingga keluarga Presiden. Belakangan, dia ikut mengurusi resepsi Kahiyang-Bobby.

"Luhut urus negara sampai kawinan Kahiyang, ini sih namanya komandan segala macam.." cuit @saktihapsoro di Twitter.

https://twitter.com/saktihapsoro/status/932640967257030656

Bahkan ada yang bilang kalau kesibukan Pak Luhut tersebut adalah bentuk cinta dan baktinya kepada negara ini. Kok ada dimana-mana sih Pak? Seolah-olah yang berjuang untuk negara ini cuma Bapak Seorang. Yang lain mana?

"Iya ya pak luhut dimana-mana ada sepertinya beliau sangat cinta negara ini sehingga mengorbankan diri mengurus semua," kicau @SinauStudy.

https://twitter.com/SinauStudy/status/924617178476822528

Yah, ada-ada aja komentar para netizen. Tapi itulah Demokrasi. Siapa aja boleh berpendapat, asalkan jangan kebablasan dan memojokan orang lain.

Memang ada benarnya juga sih, kalau kelihatannya Pak Luhut yang paling sibuk akhir-akhir ini. Misalnya soal Reklamasi Teluk Jakarta, ia juga turun tangan. Sampai-sampai membuat Anies-Sandi gemetar dingin, ehhh.

Bahkan beliau juga turut terlibat dalam urusan investasi Tiongkok di Indonesia. keterlibatannya berdasarkan mandat langsung dari Pakde Joko melalui rapat terbatas, Senin (22/5). Sebelum itu, Luhut juga mendampingi Jokowi menghadiri konferensi Belt and Road Forum for International Cooperation di Beijing, China, 14-15 Mei 2017.

Ia juga sering muncul sebagai perwakilan pemerintah dalam menyelesaikan urusan politik maupun non-politik. Misalnya, Luhut sempat menemui Ma'ruf Amin, Rabu (1/2) malam, terkait kasus Ahok. Selain itu, Luhut juga menjadi satu-satunya Menteri yang mendampingi Pakde Joko saat bertemu dengan Prabowo.

Akan tetapi, beliau menampik anggapan soal mengerjakan tugas yang berada di luar tanggung jawabnya sebagai Menko Maritim. Ia bahkan menganggapnya bentuk pengabdiannya kepada negara dan pemerintah. Semoga begitu ya. Tapi, soal ngurusin pernikahan anak Presiden juga termasuk tugas Menko Maritim ya? (K-32)

Berita Terkait