Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Lomba Gelar untuk Jokowi?

Lomba Gelar untuk Jokowi?


A43 - Wednesday, June 30, 2021 17:15
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (tengah) menghadiri puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, pada tahun 2017 silam. (Foto: KLHK)

0 min read

Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan gelar “The King of Lip Service” dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia, giliran BEM Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebut Jokowi sebagai “Bapak Presiden Orde (Paling) Baru”. Apakah ini semacam lomba gelar untuk Jokowi?


PinterPolitik.com

Di dunia ini, banyak dari kita yang membuat rumit kehidupan dengan segudang fitur yang melekat pada kehidupan yang fana ini. Status, kekayaan, gelar, hingga nama kerap menjadi corak yang dibangga-banggakan dalam kehidupan.

Status juara lomba pencarian bakat seperti Indonesian Idol (2004-sekarang) dan MasterChef Indonesia (2011-sekarang), misalnya, merupakan suatu gelar yang bisa dibanggakan. Hmm, siapa coba yang nggak bangga kalau udah dikenal sebagai pemenang di seantero Indonesia?

Nggak hanya status juara MasterChef atau Indonesian Idol, pendidikan juga kerap menjadi kunci penting dalam mobilisasi masyarakat menuju kelas sosial yang lebih tinggi. Belum lagi, semakin tinggi tingkat dan kualifikasi pendidikannya, semakin kece dilihat oleh orang-orang.

Nah, mungkin nih, ini mengapa para politisi suka “mencari” gelar dari berbagai perguruan tinggi tuh. Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin a.k.a. Gus AMI, misalnya, udah mendapatkan gelar doktor honoris causa (Dr. HC) dari Universitas Airlangga (UNAIR) pada tahun 2017 silam.

Baca Juga: Amarah Netizen Bayangi Jokowi?

Heboh Lip Service

Nggak hanya Cak Imin, baru-baru ini juga ada lho ketum lain yang dapat gelar dari kampus, yakni Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Seperti kalian udah ketahui, Bu Mega beberapa waktu lalu kan baru dapat gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan).

Nah, boleh jadi nih, sekarang adalah gilirannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendapatkan sejumlah gelar dari kampus. Beberapa waktu lalu, Pak Jokowi mendapatkan gelar “The King of Lip Service” dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI).

Setelah BEM UI, BEM Universitas Gadjah Mada (UGM) baru saja memberikan gelar juga lho buat Pak Jokowi. Mantan Wali Kota Solo tersebut mendapatkan gelar “Bapak Presiden Orde (Paling) Baru” dari adik-adik tingkatnya di UGM.

Wah wah, apa ini lomba di antara kampus-kampus untuk memberikan gelar buat Pak Jokowi atas jasa dan prestasinya ya? Hmm, mungkin, para mahasiswa ini tengah belajar  bagaimana caranya memberikan gelar buat pejabat dan politisi. Bukan begitu, Pak? Hehe.

Ya, sebenarnya status dan gelar belum pasti menjamin kok, gengs. Buktinya, nggak semua juara Indonesian Idol dan MasterChef Indonesia sukses di dunia luar buat jadi penyanyi dan koki profesional. Ya kan? (A43)

Baca Juga: The King of Lip Service, Apa Salahnya?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait