Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Ketika Peternak Mengeluh ke Jokowi

Ketika Peternak Mengeluh ke Jokowi


A43 - Friday, September 10, 2021 8:00
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sebuah peternakan bebek yang berlokasi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. (Foto: Istimewa)

0 min read

Seorang peternak ayam yang membentangkan poster bertuliskan, “Pak Jokowi bantu peternak beli jagung dengan harga wajar,” kala kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diamankan oleh pihak kepolisian. Apakah ini yang akan terjadi bila mengeluh pada Jokowi?


PinterPolitik.com

Jokowi (Kebijakan Pangan Nasional)

Artikel ini menjelaskan mengenai Jokowi, salah satu karakter dari Bulan Panen. Kalian mungkin juga menemukan Jokowi di sejumlah versi dalam seri ini.

Jokowi merupakan seorang karakter dalam Bulan Panen: Kebijakan Pangan Nasional.

Dia adalah presiden dari Indonesia Town. Jokowi punya banyak pembantu dalam menjalankan pemerintahannya – mulai dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, hingga Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma). Jokowi juga memiliki seorang anak yang menjadi wali kota di Solo Town, yakni Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi dikenal sangat perhatian kepada penduduk dan warganya. Dalam kesehariannya, Jokowi kerap ditemukan berkeliling ke berbagai tempat sambil melakukan blusukan – sebuah skill spesial dari Jokowi.

Jokowi juga dikenal dengan fokusnya pada kebijakan pangan – seperti dengan membangun food estate di Kalimantan yang dipercayakan kepada Prabowo. Selain itu, Jokowi juga membentuk Badan Pangan Nasional melalui Perpres No. 66/2021.

Meski begitu, banyak pemain Bulan Panen ternyata masih mengeluh terhadap kebijakan pangan Jokowi. Para pemain menganggap kebijakan Jokowi membuat gim Bulan Panen susah dimainkan – mengingat pemain harus menanggung biaya lebih karena mahalnya pakan ternak (seperti jagung) dan murahnya hasil produk ternak (misal telur).


Baca Juga: Menunggu Jokowi Sikapi Amendemen

Tidak Boleh Mengeluh ke Jokowi

Schedule

Mondays-Fridays (All Weather)

6am-12am: Istana Bogor

1pm-5pm: Blusukan

Saturdays-Sundays (Sunny)

6am-12am: Jan Ethes’ House

1pm-3pm: Kerumunan Bansos

3pm-7pm: Istana Bogor


Gift Preferences

Loved:

Jamu, Soto Triwindu, Timlo, Ayam Goreng, Kerja Kerja Kerja, Album Metallica

Neutral:

Lagu Rich Brian, Kerumunan Bansos, Kerja (Tapi Cuma Satu), Milenial, YouTuber, Influencer, Revisi UU KPK, Omnibus Law

Hated:

Mural, Poster Peternak, Meme Buatan Mahasiswa


Events

Jokowi sangat menyukai kerumunan warga ketika bertemu dengannya saat blusukan. Namun, bila pemain menunjukkan poster kepadanya saat blusukan, skor affection Jokowi akan turun – begitu juga dengan para pegiat media sosialnya (alias buzzer).

(A43)


Baca Juga: Tak Mungkin Jokowi Lepas Tiongkok?

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait