Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Jokowi Bingung Dituduh Kriminalisasi Ulama

Jokowi Bingung Dituduh Kriminalisasi Ulama


F41 - Tuesday, December 11, 2018 17:19
Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes. (Foto IDN Times)

0 min read

"Hukum adalah akal, bebas dari gairah." ~Aristoteles






PinterPolitik.com

[dropcap]K[/dropcap]adang bingung nggak sih, kenapa di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, suka ada aja gitu pemuka agama yang hiperaktif dan kemudian terjerat hukum? Kan Jokowi jadi yang disalahin, dibilang kriminalisasi ulama. Hmm…

Saat menghadiri Rakernas tim Bravo-5, Jokowi mengungkapkan kejengkelannya karena sering disebut sebagai pemimpin zalim yang suka mengkriminalisasi ulama. Berat banget coy tuduhannya.

Jokowi pun sampai bingung, harus gimana agar lepas dari isu-isu politik identitas macam begitu? Padahal doi sudah memilih Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya loh. Ketua Majelis Ulama Indonesia. Tapi masih saja dihajar dengan isu anti-Islam.

Menurut Jokowi, Ma’ruf Amin adalah sosok ulama yang paling atas bener, ketua lembaga yang bisa menetapkan halal, haram, makruh, atau mubah loh. Tapi masih aja disiram dengan tuduhan berbau agama.

Padahal ya, menurut keterangan Jokowi, doi tuh udah tiap hari ketemu ulama, tiap hari ke pondok pesantren. Masa masih belum bisa dibilang islami juga?

[bctt tweet="Zaman sekarang ulama orang suci ya? Kalau dihukum dibilang kriminalisasi." username="pinterpolitik"]

Maraknya isu kriminalisasi agama di sosial media dipercaya Jokowi menjadi penyebab masyarakat mulai percaya kalau itu suatu hal yang benar. Jokowi pun meminta kepada Bravo-5 untuk menjelaskan secara gamblang dan jelas kepada masyarakat soal kriminalisasi ulama.

Jokowi meminta Bravo-5 menjelaskan ke masyarakat kenapa ulama ada masalah dan bisa tersangkut kasus hukum, padahal kalau gubernur terkena kasus hukum tak ada kriminalisasi gubernur. Terus kalau anggota DPR yang terkena masalah hukum berhadapan dengan hukum nggak dibilang kriminalisasi anggota DPR.

Wadaaawww, iya juga ya? Bagaimana oposisi? Biasanya oposisi nih yang suka berpendapat unik bin ajaib untuk membenarkan isu kriminalisasi tersebut. Edededeh…

Hmm, eike jadi ikutan bertanya-tanya nih. Mungkin ada yang menganggap ulama itu memang nggak bisa dihukum sama manusia Pak. Apalagi, pengikutnya kan emang banyak yang fanatik sehingga ulama junjungannya gak boleh disentuh sama sekali.

Ya, semoga aja langkah Pak Jokowi emang murni penegakan hukum ya. Kalau misalnya ada tokoh agama yang diproses hukum memang benar persoalan hukum bukan karena dukung calon sebelah… (E36)

https://youtu.be/FLIZJ5urEug

Berita Terkait