Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Jadi Mensos, Risma ‘Tiru’ Khofifah?

Jadi Mensos, Risma ‘Tiru’ Khofifah?


A43 - Monday, December 14, 2020 21:15
Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara (tiga dari kiri) dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) (empat dari kanan) ketika menyalurkan bantuan sosial di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Kemensos)

0 min read

“Politics isn't about policies, a candidate is elected on a story” – Payton Hobart, The Politician (2019-sekarang)


PinterPolitik.com

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 telah berlalu. Sejumlah nama-nama baru pun mulai bermunculan menggantikan sosok-sosok yang sudah lama memimpin.

Situasi seperti ini tampaknya juga terjadi di ibu kota Jawa Timur, yakni Kota Surabaya. Soalnya nih, kabarnya, pasangan calon Eri Cahyadi dan Armuji udah keluar sebagai pemenang di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surabaya 2020 berdasarkan hasil hitung cepat (quick count).

Sejumlah pihak bilang kalau kemenangan Eri-Armuji ini nunjukin kalau Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) punya pengaruh yang kuat di Surabaya – bahkan meskipun beberapa ketidakpuasan muncul di kalangan PDIP sendiri. Gimana nggak? Paslon ini merupakan paslon yang di-endorse Risma semenjak PDIP masih bingung perihal siapa yang akan diusung di Pilwalkot ini.

Ya, meskipun ini menunjukkan bahwa Risma punya pengaruh kuat di Kota Pahlawan ini, sejumlah pertanyaan pun muncul. Salah satunya adalah mengenai apa yang akan dilakukan oleh Risma setelah tidak lagi menjabat.

Ketika diwawancarai sih, Risma hanya menceritakan kalau beliau dulu memiliki mimpi untuk bergerak di bidang pendidikan. Wali Kota Surabaya menyebutkan bahwa dirinya sempat ingin menjadi Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Surabaya meskipun merupakan seorang insinyur.

Baca Juga: Serangan Fajar, Risma Tiru Jokowi?

Risma Gantikan Mensos Juliari

Tapi nih, terlepas cerita Risma tersebut, sejumlah pewarta malah menanyai kemungkinan Wali Kota Surabaya tersebut untuk menjadi salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju. Apalagi nih, sejumlah slot menteri baru-baru ini mulai kosong setelah Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo dan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wah, mungkin ini nih jadi kesempatan emas buat Bu Risma nih. Kan, sebelumnya beliau udah disebut-sebut bakal jadi menteri sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpilih kembali pada tahun 2019 lho.

Kalau dulu kan Bu Risma selalu bilang mau menyelesaikan tugas beliau untuk mengurus Kota Surabaya. Nah, sekarang kan tugas emak-nya Surabaya ini udah mau selesai. Hayo, gimana nih kelanjutannya, Bu Risma?

Hmm, kalau benar Bu Risma bakal jadi Mensos buat ngegantiin Pak Juliari, Bu Wali Kota Surabaya bakal bisa ngikutin jejak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dong. Hehe. Tapi nih, Bu Khofifah kan dari Mensos berlanjut ke Gubernur. Kalau Bu Risma bakal jadi apa ya?

Dengar-dengar kan, Bu Risma bakal ke Jakarta tuh. Apalagi, beliau sempat dibanding-bandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Apa mungkin nih Bu Risma bakal jadi Gubernur DKI Jakarta berikutnya? Mari kita nantikan ajalah ya kelanjutan langkah Bu Risma. (A43)

Baca Juga: Jokowi Biarkan Menterinya Dicokok KPK?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait