Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Inikah Formula 4L ala Jokowi?

Inikah Formula 4L ala Jokowi?


A43 - Thursday, July 1, 2021 17:00
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada 24 Oktober 2019. (Foto: Facebook/Luhut Binsar Pandjaitan)

0 min read

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk jadi komandan dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Apakah ini formula kebijakan 4L ala Jokowi?


PinterPolitik.com

Kalian pernah ngerasa nggak sih kalau semakin ke sini semakin sedikit teman kalian? Kayak gimana ya. Kayak teman kalian jadi hanya itu-itu aja. Mungkin, jadinya, circle inti kalian isinya hanya ada sedikit orang yang berarti di hidup kalian.

Bisa dibilang, circle ini adalah orang-orang yang benar-benar tahu dan kenal sama diri kalian – mulai dari keseharian kalian hingga sifat-sifat tersembunyi kalian. Anggapannya, teman-teman yang seperti ini nih yang rasanya udah menjadi seperti saudara sendiri.

Terkadang nih, kalau lagi nongkrong bersama mereka, muncul tuh sebuah pertanyaan di antara kalian, “Yah, lu lagi, lu lagi. Bosen gue.” Hmm, kalau kalian dapat pertanyaan gitu, jawab aja gini, “Ya, harus gimana lagi? Lu doang yang gue percaya.” Ceilah. Hehe.

Nah, mungkin, pertanyaan dan pernyataan macam itu nggak hanya berlaku di tongkrongan aja nih, gaes. Bisa jadi, ini juga berlaku di lingkungan politisi dan pejabat pemerintahan.

Buktinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk menjadi komandan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Kabarnya nih, Pak Luhut lah yang meformulasikan bagaimana PPKM Darurat ini diterapkan, gaes.

Baca Juga: Koalisi Jokowi Abaikan Luhut?

Luhut Lagi Luhut Lagi

Hmm, dulu, waktu kasus Covid-19 melonjak pada September 2019, Pak Luhut juga ditunjuk lho buat secara intensif mengawasi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah provinsi. Eh, sekarang, Pak Jokowi menunjuk Pak Luhut lagi. Mungkin, dua orang ini emang sohib kental ya, gengs? Hehe.

Atau, mungkin nih, Pak Jokowi punya formula rahasia nih dalam menerapkan dan merangkai kebijakan-kebijakannya. Formula rahasia itu adalah 4L, yakni “Luhut Lagi Luhut Lagi”. Hehe, bukan lu lagi lu lagi jadinya dong.

Ya, mungkin nih, pilihan Pak Jokowi yang selalu jatuh ke Pak Luhut bisa jadi bukan tanpa alasan. Selain bisa aja emang sohib, Pak Menko Marves ini sepertinya selalu berhasil tuh melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik.

Waktu mengawasi langsung PSBB pada September 2020 silam, misalnya, Pak Luhut diklaim berhasil lho menurunkan jumlah kasus positif Covid-19 di sembilan provinsi. Mungkin, buat Pak Jokowi, Pak Luhut ini adalah the right man yang always gets the job done gitu, gaes.

Ya, mimin sebagai masyarakat hanya berharap semoga PPKM Darurat yang akan dikomandani oleh Pak Luhut ini bakal berhasil kembali menekan penularan Covid-19 selama bulan Juli ke depan lah. Lagipula, masyarakat juga berharap pandemi ini segera selesai kok, Pak. (A43)

Baca Juga: Luhut Akui Kesalahan Pemerintah?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait