Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Harun Masiku Pandai Melompat?

Harun Masiku Pandai Melompat?


A43 - Tuesday, September 14, 2021 19:00
Petugas menutup lambang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai bentuk protes dari jajaran pimpinan hingga pegawai KPK terhadap polemik revisi Undang-Undang (UU) KPK pada tahun 2019 silam. (Foto: Jawa Pos)

0 min read

Selama pengejaran, informasi mengenai keberadaan buronan tindak pidana korupsi Harun Masiku terus berubah-ubah. Apakah Harun Masiku memang pandai melompat?


PinterPolitik.com

JUMPER: THE JOURNEY OF HARUN MASIKU


2020, Crime, 1yr 9mo




WHAT TO KNOW

CRITICS CONSENSUS: Film ini memiliki pemain yang kurang aktif dalam pemberantasan korupsi. Jumper: The Journey of Harun Masiku menunjukkan bagaimana masyarakat masih mempertanyakan keseriusan KPK dalam menangkap buronan kasus suap di Pemilu 2019, yakni Harun Masiku.


MOVIE INFO

Buron KPK (Harun Masiku) memiliki kemampuan untuk berpindah tempat dalam waktu singkat. Semenjak dicari pada Januari 2020, keberadaan Harun selalu berpindah-pindah, entah berada di Indonesia maupun di luar negeri. Bak seorang jumper, Harun belum juga berhasil ditangkap oleh pihak berwajib.

Pihak KPK pada Agustus 2021 lalu mengumumkan bahwa Harun berada di luar negeri sehingga menjadi sulit untuk ditangkap. Sementara, penyidik KPK Ronald Sinyal pada September 2021 menyebutkan Harun masih berada di Indonesia.

Perbedaan klaim soal keberadaan Harun ini juga pernah terjadi pada tahun 2020. Pada bulan Januari, Harun diklaim berada di luar negeri, yakni Singapura. Sementara, laporan Tempo menunjukkan bahwa Harun sudah berada di Indonesia pada bulan tersebut.

Konflik dalam film ini memuncak ketika PDIP dianggap berusaha pasang badan untuk Harun. Bahkan, pentolan PDIP seperti Hasto Kristiyanto dan Yasonna Laoly sampai membuat tim hukum khusus untuk menanggapi polemik kasus suap ini.

Rating: Dewasa  
Genre: Crime, Corruption
Original Language: Bahasa Indonesia
Director: Firli Bahuri
Capture Date (N/A)
Runtime: 1yr 9mo (tentative)
Distributor: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

CAST & CREW


CRITIC REVIEWS FOR JUMPER: THE JOURNEY OF HARUN MASIKU

(A43)


Baca Juga: Enggan KPK Tangkap Harun Masiku?

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait