Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Airlangga Jadi Juara Olimpiade?

Airlangga Jadi Juara Olimpiade?


A43 - Wednesday, August 4, 2021 20:00
Gambar thumbnail yang digunakan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di video ucapan selamat kepada para atlet di Olimpiade Tokyo 2020 yang diunggah di Instagram. (Foto: Instagram/@airlanggahartarto_official)

0 min read

Sejumlah atlet Indonesia menorehkan prestasi medali emas, perak, hingga perunggu di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Alhasil, para pejabat dan politisi – seperti Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto – memberikan ucapan selamat.


PinterPolitik.com

Beberapa waktu lalu, Indonesia dibuat bangga oleh perolehan medali emas yang ditorehkan oleh Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Gimana nggak? Dalam pertandingan final melawan pasangan Chen Qing Chen dan Yi Fan Jia asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang dilaksanakan pada Senin, 2 Agustus 2021 lalu, Mbak Greysia dan Mbak Apriyani ini bisa dibilang telah mencetak sejarah dengan memenangkan medali emas Olimpiade pertama untuk Indonesia di bidang ganda putri bulu tangkis.

Beuh, masyarakat Indonesia pasti deg-deg-an tuh pas nonton pertandingannya. Aku yang nonton aja juga ikutan tegang lho. Uhmm, semoga bosku nggak baca tulisan ini ya. Bisa-bisa nanti ketahuan kalau kemarin pas work from home (WFH) malah nonton Olimpiade Tokyo 2020. Hehe.

Ya, terlepas dari itu, kita sebagai masyarakat Indonesia memang harus ikut bangga dong dengan prestasi para atlet kita. Soalnya nih, nggak cuma Mbak Greysia dan Mbak Apriyani, sejumlah atlet lain – Anthony Sinisuka Ginting, Windy Cantika Aisah, Eko Yuli Irawan, dan Rahmat Erwin Abdullah – juga dapat medali perak dan perunggu lho.

Ngomong-ngomong soal Olimpiade nih, para netizen baru-baru ini diramaikan oleh poster-poster ucapan selamat dari para pejabat kepada para atlet yang berhasil mendapatkan medali tuh. Beberapa poster yang dibicarakan bahkan berasal dari negara tetangga, yakni Filipina.

Hal yang membuat para penghuni media sosial (medsos) tertawa adalah ukuran foto yang terpampang di poster-poster tersebut. Gimana nggak? Meski yang meraih medali emas untuk Filipina adalah Hidilyn Diaz – atlet cabang olahraga (cabor) angkat besi kategori 55 kilogram, justru foto para pejabat yang dipasang dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Foto dari Wali Kota Quezon, Filipina, Joy Belmonte, misalnya, terpampang sangat besar dengan porsi sekitar 80 persen dari poster itu sendiri. Sementara, foto Hidilyn Diaz cuma nongol di ujung kanan dan jauh lebih kecil.

Baca Juga: Pahlawan Kartu Ala Menko Airlangga

Olimpiade Kekurangan Atlet Indonesia

Hmm, kira-kira, di Indonesia, ada juga nggak ya yang seperti ini? Ternyata, oh, ternyata, gaes, ketika aku scrolling Instagram, aku menemukan juga tuh salah satu pejabat Indonesia yang mungkin setipe nih, yakni Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Di akun Instagram-nya, Pak Airlangga ini mengunggah sebuah video yang ditujukan untuk mengucapkan selamat pada Windy Cantika Aisah dan Eko Yuli Irawan yang masing-masing memperoleh medali perunggu di angkat besi putri kategori 49 kilogram dan medali perak di angkat besi putra kategori 61 kilogram.

Tapi nih, yang buat aku jadi heran adalah foto thumbnail postingan tersebut yang menampakkan sosok Pak Airlangga jauh lebih besar dari foto Windy dan Eko. Weleh-weleh,ternyata, perilaku pejabat di negara-negara satu rumpun ini sama aja ya.

Hmm, gimana ya, Pak? Di mana-mana, kalau di poster film nih, gambar yang paling besar itu buat nunjukkin pemeran, pahlawan, atau villain utamanya tuh. Di poster film Iron Man, misalnya, foto Tony Stark pun selalu paling gedhe tuh.

Lha, ini kok malah fotonya Pak Airlangga yang paling gedhe? Apa Pak Airlangga yang jadi pemenang utamanya di Olimpiade Tokyo 2020? Apa Pak Menko Perekonomian nggak mau kalah gedhe sama baliho-balihonya Ketua DPR Puan Maharani? Hehe.

Boleh jadi, Pak Airlangga perlu belajar ke Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tuh. Pak Prabowo ngucapin selamat ke Mbak Greysia dan Mbak Apriyani pakai foto mereka berdua dan nggak ada gambarnya Pak Prabowo sendiri.

Hmm, mungkin, kalau mau pasang foto yang sekalian gedhe, nanti aja, Pak Airlangga, pas ajang kompetisi 2024 – pemilihan presiden (Pilpres) ya maksudnya, bukan Olimpiade lagi. Kayak-nya jauh lebih pas gitu deh. Fiuuh, ada-ada aja. (A43)

Baca Juga: Airlangga-Erick, Pasangan Cocok 2024?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait