BUMN Pengelola Mandalika Ajak Masyarat Jaga Lingkungan

BUMN Pengelola Mandalika Ajak Masyarat Jaga Lingkungan
BUMN pengelola the Mandalika ajak masyarakat ikut serta untuk merawat (Foto: Tribunnews)
2 minute read

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengelola kawasan the Mandalika, mengajak masyarakat  yang berada di kawasan  tersebut untuk  terus merawat dan menjaga kebersihan lingkungan.


PinterPolitik.com

Hal ini penting mengingat kawasan ini menjadi salah satu  unggulan pariwisata di tanah air, terlebih lagi dengan keberadaan sirkuit internasional yang akan menggelar seri balap MotoGP tahun 2021 mendatang.

Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan, mengatakan pihaknya mengapresiasi masyarakat lokal yang berinisiatif dalam melakukan gerakan bersih pantai di kawasan pesisir Pantai Kuta dan sekitarnya yang masuk lingkungan the Mandalika, pada Minggu (12/1).

Menurutnya, inisiatif masyarakat sekitar yang tergabung dalam Lombok Tourism Forum (LTF) ini menjadi wujud keinginan masyarakat sekitar untuk merawat dan menjaga lingkungan mereka. Untuk itu  ITDC akan terus mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan seperti ini, karena akan membantu pemerintah untuk menjaga destinasi pariwisata unggulan tersebut.

Ngurah menambahkan “Gerakan program Beach Clean Up” ini merupakan gerakan positif yang perlu didukung, karena menjadi interest masyarakat pasca gempa yang berlangsung tahun lalu di lokasi ini.

“Masyarakat memiliki kesadaran bahwa kebersihan merupakan salah satu faktor utama wisatawan berkunjung ke suatu destinasi. Jadi, keinginan untuk meramaikan kembali kawasan ini bukan hanya dari pengelola saja, melainkan juga dari para stakeholder the Mandalika,” papar Ngurah.

Gerakan bersih pantai ini merupakan aksi positif nyata yang telah direncanakan oleh masyarakat lokal bersama pengelola kawasan untuk merangkul satu sama lain dalam menjaga kawasan The Mandalika tetap nyaman.

Ngurah menyadari sebagai daerah pesisir, the Mandalika tidak bisa terhindar dari sampah-sampah baik sampah organik maupun non-organik.

“Kami sudah menghimbau masyarakat untuk semakin peduli dan turut serta dalam menjaga lingkungan. Kebersihan sudah menjadi skala prioritas dalam menunjang destinasi pariwisata, apalagi the Mandalika, sebagai satu dari sepuluh Bali Baru,” tandasnya. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.