BUMN Back Up Sepenuhnya RS Darurat Covid-19

Foto: PinterPolitik
2 minute read

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN),  Erick Thohir  menjamin RS Darurat Penangan Covid-19 siap beroperasi  pada Senin (23/3). BUMN sepenuhnya siap back up kebutuhan rumah sakit yang dibangun di Wisma Atlet Kemayoran.


PinterPolitik.com

Hal itu ditegaskan Erick, dalam keterangan persnya bersama Menteri PUPR, Menteri Kesehatan, Panglima TNI,  dan Kepala BNPB saat meninjau persiapan akhir rumah sakit tersebut, jelang beroperasi Senin besok.

“BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri (APD) dan masker. Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB,” ujar Erick, Minggu (22/3).

Menurut orang nomor satu di Kementerian BUMN ini, Wisma Atlet Asian Games Kemayoran di Jakarta Utara yang dalam empat hari terakhir “disulap” menjadi rumah sakit ini adalah hasil kerja sama berbagai pihak, termasuk swasta.

Erick menjelaskan, nantinya RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona , yaitu Zona Hijau (Tower 1) akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.


Untuk Zona Kuning (Tower 3) akan diisi oleh Dokter, Perawat, dan Petugas Paramedis lainnya.  Sedangkan Zona Merah (Tower 6-7) adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

Erick menjelaskan untuk  dokter-dokter yang bekerja merupakan gabungan dokter dari berbagai instansi dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

“Percayalah, kalau kita semua mau bersatu, InsyaAllah apapun bisa kita lalui dengan baik. Saya apresiasi setinggi-tingginya semua pihak yang sudah bergerak cepat membantu pemerintah untuk mewujudkan RS Darurat ini,” tandas Erick.

Erick berharap apa yang telah diupayakan semua pihak ini  dapat menekan lajunya pandemi Covid-19 di Indonesia. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.