Bulog Raih Penghargaan BUMN Terbaik Program Mahasiswa Magang 2019

Bulog Raih Penghargaan BUMN Terbaik Program Mahasiswa Magang 2019
Bulog Raih Penghargaan BUMN Terbaik Program Mahasiswa Magang 2019 (Foto: Kumparan)
3 minute read

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) meraih penghargaan sebagai pelaksana Program Mahasiswa Magang BUMN 2019 (PMMB 2019) terbaik dengan kategori Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  klaster B yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI).


PinterPolitik.com

Program unggulan FHCI ini mengikutsertakan lebih dari 16.400 mahasiswa untuk melakukan magang di semua BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia sejak semester kedua tahun 2018. Sejauh ini sudah 4 angkatan mengkuti program magang di BUMN, yaitu 1 angkatan pada tahun 2018, 2 angkatan pada tahun 2019,  serta 1 angkatan sedang berjalan pada tahun 2020 ini.

Kepala Subdiv Pengembangan Karir dan SDM Perum Bulog Maruly Abraham, mengatakan Bulog sangat mendukung program PMMB ini sebagai upaya membuka kesempatan bagi para mahasiswa dan juga sejalan dengan komitmen Perum Bulog sebagai bagian dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM secara merata.

“Kita berkomitmen untuk memberikan kesempatan penuh untuk semua masyarakat Indonesia yang mempunyai talent dan keinginan bekerja keras,” kata Maruli di Kantor Bulog Jakarta, Minggu (19/1).

Menurutnya, Bulog sebagai BUMN yang merupakan anggota FHCI sangat mendukung program PMMB tersebut. Di sepanjang tahun 2019 Bulog sudah menerima 200 peserta program magang dari PTN/S. Sejumlah piala dan piagam penghargaan telah diterima Bulog sebagai perusahaan yang pro aktif dan responsif dalam PMMB di BUMN tahun 2019.


Maruly menambahkan PMMB merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia Unggul terutama dalam menghadapi persaingan global melalui link and match kurikulum Industri dan Perguruan Tinggi.

“Hal ini sejalan dengan program utama Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan program pembangunan dengan tagline ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’ ” tandas Maruly.

Sementara itu, Direktur Executive FHCI, Sofyan Rohidi mengatakan bahwa program ini mendapat sambutan yang positif dari berbagai pihak, baik dari BUMN dan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta Mahasiswa.

“Bagi BUMN, program ini dapat sekaligus menjadi alternatif ajang pencarian putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung dan berkembang bersama BUMN. Sedangkan bagi PTN/S dan Mahasiswa, program ini dapat membantu mengembangkan kurikulum/silabus dan kompetensi mahasiswa agar mampu bersaing di pasar global”, tegas Sofyan.

Pada tahun ini FHCI dan BUMN kembali memberikan kesempatan kepada lebih dari 4.500 mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).  Kegiatan ini melibatkan 110 BUMN dan 136 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta yang ada di seluruh Indonesia.

Sejauh ini sudah 300 PTN/S yang ikut menandatangani MoU dengan FHCI sebagai komitmen turut mendukung program ini, dan secara rutin mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti magang di BUMN. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.