Berkah Lebaran Lieus dan Mustofa

Berkah Lebaran Lieus dan Mustofa
Lieus Sungkharisma (Foto: Republika)
2 minute read

“Tidak semua yang ada di dalam penjara itu napi. Dan tidak semua napi berada di dalam penjara.” – Arswendo Atmowiloto


PinterPolitik.com

Dua sosok yang berada di lingkaran Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat penangguhan tahanan pada beberapa waktu lalu. Kedua orang itu adalah Mustofa Nahrawardaya dan Lieus Sungkharisma.

Nah, akhirnya bisa makan opor ayam bareng keluarga. Tapi inget ya, ini penangguhan penahanan, kalau kasus hukumnya mah masih berjalan, upss.

Mereka mendapat jaminan dari Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Selain mereka berdua, Sufmi juga berupaya agar bisa menjamin sebanyak 58 “perusuh” yang terlibat pada aksi 22 Mei. Meski diragukan bisa menangguhkan sebanyak itu, tapi kalau dapat satu atau dua sudah lumayan lah Pak.

“Ini alasan kemanusiaan, [sebentar] lagi Lebaran”, begitu kata Hendarsam Marantoko, sang pengacara Lieus. Loh, Bapak Lieus kan enggak ngerayain Lebaran, hehe. Iya sih, alasan utamanya adalah kemanusiaan, cakep.


Lieus dan Mustofa mendapat penangguhan penahanan, lalu bagaimana kabar yang lain? Click To Tweet

Seperti diketahui, Lieus ditetapkan tersangka atas kasus dugaan penyebaran berita bohong dan upaya makar. Sedangkan, Mustofa diduga telah menyebarkan hoaks terkait kericuhan pada 21-22 Mei di kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum.

Ada hal menarik terkait penahanan Lieus di Polda Metro Jaya. Doi mengaku semakin sehat sejak ditahan.

“Perut gua sehat kan, makin sehat, turun 8 kg,” begitu katanya dengan raut ceria setelah mendapat penangguhan.

Doi bercerita bahwa sebelum ditahan untuk menurunkan berat badan terasa sangat sulit. Walah, jika demikian, kenapa tidak memilih jalur hidup sehat saja Pak dengan lebih lama lagi di penjara, hehe.

Sementara itu, Mustofa mengatakan kasus ini dapat menjadi pembelajaran baginya untuk mengetahui batasan terkait UU ITE. Meski demikian, dia mengaku tidak kapok untuk tetap bersikap kritis terhadap pemerintah. Oke lah kalau begitu, tapi hati-hati ya Bro, kasus kan masih berjalan, salah sedikit kena pasal berlapis loh.

Eh, sepertinya ada yang kelupaan mendapat penangguhan penahanan tuh. Nama-nama yang terlupakan ini seperti Kivlan Zen, Eggi Sudjana, dan Sunarko.

Eits, jangan salah ya, mereka tidak dilupakan oleh Gerindra seperti asumsi berbagai pihak. Kubu oposisi telah berupaya untuk bisa menangguhkan penahanan ketiganya. Akan tetapi, pihak kepolisian masih mempertimbangkan hal itu.

Yaduh, ada kemungkinan enggak bisa makan ketupat bersama keluarga nih. Jadi enggak tega deh kalau mengingat Bapak Eggi yang sakit-sakitan di penjara. Katanya kan dia sering berhalusinasi karena fobia ruang sempit. Mungkin ditahan di lapangan bola aja kali ya Pak Polisi, hehe. (R47)