Beranikah KPK Terima Tantangan ICW?

Beranikah KPK Terima Tantangan ICW
Ketua KPK Firli Bahuri ketika mengadakan konferensi pers pada Desember 2019 lalu. (Foto: Antara)
2 minute read

“Throw it back like a 10-Year Challenge” – Cardi B, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Gengs, ada yang heboh nih pasca Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memberikan ancaman kepada pihak melakukan tindakan korupsi di tengah wabah Corona (COVID-19). Tahu gak hayoo apa yang heboh nih? Kalau kalian gak tahu, kita kasih bocoran informasinya nih, cuy. Hehe.

Baru-baru ini, Indonesia Corruption Wach (ICW) – diwakili oleh peneliti senior yaitu Donal Fariz – mengusulkan agar Firli Cs mendonasikan gaji mereka 100 persen untuk masalah Corona ini. Buset.

Alasan Donal kenapa mengusulkan hal itu sih karena doi merasa bahwa 100 hari pertama Firli Cs menahkodai KPK masih sangat diragukan oleh publik. Banyak kasus yang tak jelas kelanjutannya. Bahkan, KPK terkesan mati suri.

Doi sampai mengungkit kasus suap yang melibatkan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi loh, cuy. Wadaw, jadinya kena “back hand” lagi nih KPK.

Kira-kira Firli Cs berani gak ya terima tantangan dari peneliti ICW ini? Harusnya sih, kalau mereka peduli, boleh jadi mereka mau menerima tantangan ini cuy. Yaa, itung-itung sebagai balasan untuk “hilangnya” kasus suap Nurhadi dan Harun Masiku. Upsss, keceplosan deh.

Menanggapi usulan dari Donal Fariz ini, akhirnya Pihak KPK buka suara, cuy, tapi jawabannya sangat di luar dugaan loh. Ketua KPK bilang sih saat ini mereka masih bekerja dengan skala prioritas baik yang bekerja di rumah maupun yang di kantor.

Tapi, sedikit berbeda, Wakil ketua KPK menjawab itu dengan tegas. Doi malah curiga kalau wabah COVID-19 ini digunakan sebagai panggung. Hmm, suudzon aja nih, Bapak. Kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango sih begini gengs, “Saya jadi curiga. Jangan-jangan karena adanya wabah ini banyak yang kehilangan panggung yang menjadikannya membutuhkan bantuan”.

Weleh-weleh, kok jawabannya seperti ini ya? Ibaratnya nih jadinya malah saling tuduh dan saling serang gitu. Behh, ini para pejabat publik kok ya kayak anak kecil aja ya main saling menyalahkan.

Ya, terlepas dari itu semua, semoga aja KPK dapat mengemban tanggung jawab berat ini untuk rakyat secara amanah ya, gengs. Kita nantikan aja nih aksi-aksi KPK berikutnya. (F46)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.