Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Belajar Politik > Sandi Berani Berantas Makelar UN?

Sandi Berani Berantas Makelar UN?


G42 - Wednesday, March 20, 2019 8:00
Poros Pelajar Indonesia berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (5/1).

0 min read

“Pendidikan bukan lagi dari akal ke hati atau dari hati ke akal. Melainkan, pendidikan sudah berubah dari materi ke materi (duit duit duit duit).”






PinterPolitik.com

[dropcap]P[/dropcap]ernyataan Cawapres 02 Sandiaga Uno yang akan menghapus ujian nasional (UN) jika Prabowo-Sandiaga terpilih sebagai presiden dan wakil presiden sebenarnya sudah menjadi konsep kadaluarsa. Sebab konsep tersebut juga pernah dikeluarkan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) pada putaran Pilpres 2014. Namun, konsep itu tak kunjung terealisasi sampai hari ini.

Belum ada yang tahu pasti Jokowi-JK gagal merealisasikan janji kampanyenya tersebut. Tetapi yang hari ini kita tahu dengan pasti Jokowi-JK telah ingkar dengan janji mereka. Memang sih, di eran mereka, UN bukan menjadi satu-satunya hasil final kelulusan, tapi tetap saja UN masih ada dan tidak sesuai dengan janji. Betul apa betul?

Sudah menjadi rahasia umum jika kita mendengar kata ‘UN’ pasti yang terngiang adalah oknum yang menjajakan bocoran kunci jawaban. Bahkan tak jarang adanya oknum tersebut didukung oleh orang tua murid dan peserta didik, sebab mereka tidak mau memiliki jejak buruk mendapat nilai jeblok. Nah, kalau UN dihapus oknum-oknum yang menjual kunci jawaban ini kehilangan sumber uangnya dong?

Selain itu, gurita bisnis yang ada di sekitar UN masih banyak lagi. Ada yang berbisnis di lini kertas ujian, perlengkapan alat tulis, lembaga bimbingan belajar, penerbit buku kisi-kisi, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut melekat kuat dengan pelaksanaan UN.

Nah, barang kali itulah sebabnya Jokowi-JK tidak bisa serta-merta menghapus UN. Kalau sampai UN benar-benar hilang dari Indonesia mungkin akan banyak kelompok yang dirugikan bahkan bisa berpotensi menambah angka penganguran karena banyak usaha gulung tikar. Tapi kembali lagi bro, hal yang baru saja dipaparkan belum diketahui dengan pasti kebenarannya.

[bctt tweet="Ujian Nasional merugikan siswa? Menguntungkan Gurita? " username="pinterpolitik"]

Intinya bro, terkait janjinya Sandi yang mau hapus UN kalau terpilih nanti apa bener nih akan terjadi? Atau Sandi sama saja nih sama Jokowi ingkar sama janjinya? Memangnya Sandi berani dan mampu melawan gurita bisnis di sekitar pelaksanaan UN? (G42)

https://www.youtube.com/watch?v=Ycp-w4NLfmU

 

Berita Terkait