Bahan Baku Masker: “Kejarlah Hingga ke Negeri India”

Foto: Kompas
2 minute read

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui BUMN farmasi saat ini tengah kesulitan mencari bahan baku pembuatan masker untuk upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid -19) di dalam negeri.


PinterPolitik.com

Tadinya Erick berharap perusahan pelat merah bidang farmasi bisa membelinya dari Eropa (Perancis). Namun dengan meledaknya wabah virus Corona di daratan Eropa, membuat Erick menginstruksikan segera membelinya dari India.

Hal itu diungkapkan Erick saat berkunjung ke Terminal III Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (11/3), terkait kesiapan jajaran BUMN dalam upaya pencegahan virus corona.

“Kita jujur stok masker di Kimia Farma naik dan turun, tergantung kebutuhan. Kemarin saya cek di Jakarta aman, Manado kehabisan, di Padang aman,” ujarnya.

Untuk itu, tambah Erick, BUMN farmasi (PT RNI) dalam waktu dekat akan melakukan produksi enam juta masker pada April mendatang. Kebutuhan bahan baku masker untuk produksi saat ini masih tersedia.

Namun, meski stok bahan baku saat ini relatif masih aman, Erick meminta BUMN melakukan langkah antisipasi dalam mencari bahan baku dari luar Tiongkok.

“Makanya kemarin saya bilang kalau (bahan baku) dari Tiongkok habis, kita cari dari Eropa, sekarang Eropa mulai kejadian seperti ini ya kita mesti cari di India. Ke depan masalah bahan baku masker ini yang kertas kecil itu, kita kalau bisa buat sendiri kenapa tergantung negara lain,” tandas Erick. (R58)

View this post on Instagram

Angka kekerasan terhadap #perempuan terus meningkat setiap tahun, baik itu kekerasan fisik maupun kekerasan seksual. Saat ini Indonesia bahkan telah ada dalam kondisi darurat kekerasan seksual menurut laporan dari #KomnasPerempuan. Nyatanya, ada persoalan ketidakseimbangan relasi kuasa antara perempuan dan laki-laki di #Indonesia yang menjadi salah satu akar persoalan ini. Ini juga terjadi akibat budaya dominasi laki-laki yang sangat kuat. ⠀ ⠀ Temukan selengkapnya di Talk Show: “Dominasi dan Legacy Male Power terhadap Wanita Indonesia, Kenapa? Dari Mana? Masih Perlu?”⠀ ⠀ Tiket dapat dibeli di: http://bit.ly/TalkShowPinterPolitik ⠀ #infografik #infografis #politik #politikindonesia #pinterpolitik #EventPinterPolitik #TalkShowPinterPolitik #komnasperempuan #rockygerung

A post shared by PinterPolitik.com (@pinterpolitik) on

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.