Azwar Anas Politikus ‘Penakut’?

Azwar Anas Politikus ‘Penakut’?
Azwar Anas, Bupati Banyuwangi yang mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur. (Foto: Rmol)
2 minute read

“Ternyata saya tak pernah benar-benar kalah, meski mungkin belum sampai pada menang.”


PinterPolitik.com

[dropcap]M[/dropcap]asih terawat dalam ingatan bahwa hanya Arjuna kecil yang dapat mengalahkan raksasa Nirwatakawaca atau sosok Toh Don Quichote yang gagal menumbangkan sebuah kincir angin, meskipun memakai baju besi dan pedang jenawi.

Bila direfleksikan dalam sebuah pertarungan politik, menang kalah memanglah sudah menjadi konsekuensi logis dari sebuah pertandingan.

Sekuat apapun lawan, tentu ada peluang bisa terkalahkan juga. Modal awalnya hanya berani atau tidak menghadapinya? Weleeeh weleeeh.

Intinya, para politikus harus berani terjun bertarung dulu dan memaksimalkan kekuatan politiknya, baru nantinya akan dapat terlihat, siapa yang kalah dan pemenangnya.


Jangan justru punya kekhawatiran berlebih karena satu dan lain hal, ujung-ujungnya ga jadi deh bertarungnya. Ah, penakut kalau begitu sih, weleeeh weleeeh.

Kalau dalam istilah lain, kalah sebelum bertanding. Tak elok potret politik diwarnai sikap mbalelo seperti itu.

Harusnya, politikus menunjukkan sikap pantang menyerah. Sehingga pertarungan menjadi lebih menarik. Hmmm, kalau mundur duluan sih jadi ga asik.

Di perhelatan Pilgub Jawa Timur kan memang tak ada nama calon gubernur yang baru, kedua Cagub pun namanya tak asing lagi untuk didengar. Bahkan Pilgub sebelumnya juga sudah dipertemukan.

Hmmm, ga ada calon alternatif lain nih? Warga Jatim pada bosen ga calonnya ini terus? weleeeh weleeeh.

Calon Gubernurnya itu Saifullah Yusuf dan Khofifah. Nama lama yang kembali bertarung. Siapa yang bisa menang ya? Lah, ga menarik dong kalau ini lagi, ini lagi. Tapi tenang, kan sekarang nama Cawagubnya baru semua nih. Asyik asyik.

Saifullah Yusuf ditemani Azwar Anas, Bupati Banyuwangi. Sementara, Khofifah Indar Parawansa menggaet Emil Dardak, Bupati Trenggalek. Wedeeeww, Cawagubnya sama – sama Bupati ya di Jatim. Hmmm, pasti jadi pertarungan menarik.

Tapi kok santer terdengar, ada salah satu Cawagub yang mengurungkan niatnya maju di Pilgub Jatim? Siapa tuh? Anas atau Emil?

Cawagub yang mundur itu adalah Azwar Anas. Tak ada angin, tak ada hujan, tiba – tiba Anas mundur dari pencalonan. Takut kalah atau takut menang? Weleeeh weeleeeeh.

Kasak – kusuk santer terdengar kalau ada alasan menohok dibalik pengunduran dirinya, tapi apapun alasannya, Anas pasti takut dan khawatir tentang sesuatu hal, jadi akhirnya ia mundur.

Awalnya kan pede banget tuh mau maju, eh ujung – ujungnya mundur juga. Takut kalah atau takut apa nih? Huffft. (Z19)