Anti Minta-minta, Surya Paloh Cerdik

Anti Minta-minta, Surya Paloh Cerdik
Surya Paloh (Foto: Nawacita)
3 minute read

“Orang yang cerdik adalah orang yang memiliki mata untuk apa yang ada di depan kakinya.” – Johann Jakob Mohr, penyair Jerman


PinterPolitik.com

Ibarat sambil menyelam minum air, kayaknya Kongres V PDIP dijadikan Megawati Soekarnoputri sebagai ajang minta-minta menteri ke Jokowi nih.

Jadi kan di kongres itu Megawati secara blak-blakan bilang kalau dia maunya dikasih kursi menteri lebih dari empat. Mungkin Mega maunya dikasih 4 kali lipatnya kali ya. Hehehe.

Nah, merespon permintaannya Mega tentang menteri, ternyata Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tuh santai banget gengs kayak di pantai.

Padahal kan ada kabar burung yang bilang kalau PDIP dan Nasdem lagi perang dingin ya. Makanya pas Bu Mega minta banyak kursi menteri, aing kira dinginnya perang mereka akan terbakar oleh marahnya Surya Paloh. Eh, tapi ternyata nggak loh.


Soalnya Surya Paloh tuh cuma respon kalau Nasdem nggak pernah minta-minta kursi menteri.

Nah, ada peribahasa yang bilang: “Cerdik seperti ular, tulus seperti merpati”. Mungkin itu kali ya peribahasa yang cocok untuk Surya Paloh. Hehehe.

Kalau Mega mintanya cuma jatah menteri yang banyak, Surya Paloh ini tuh nggak minta kursinya gengs, tapi langsung klaim pemilik kursi untuk jadi kader Partai Nasdem. Nah. Kurang cerdik apalagi Surya Paloh ini. Hehehe. Soalnya beberapa waktu lalu Surya Paloh kan sempet tuh mengklaim bahwa Jokowi adalah kader Nasdem.

Kursi menteri kan hak prerogatif Jokowi, tapi kalau Jokowi dimiliki sama Nasdem, masa iya Nasdem nggak dapet banyak kursi sih. Hehehe.

Udah gitu, Surya Paloh ini nggak cuma cerdik aja gengs, tapi beliau juga tulus untuk berserah ke Jokowi loh.

Pasalnya doi juga bilang kalau Pak Jokowi perlu Nasdem, silakan dikasih kursi menteri. Tapi kalau Nasdem enggak diperlukan, juga nggak apa-apa.

Eh. Tapi pernyataan itu beneran ungkapan tulus berserah ke Jokowi, atau sebenernya ungkapan pasrah, atau jangan-jangan ungkapan menyerah ya? Hehehe.

Ya udah deh. Kita lihat aja apakah seusai Kongres V PDIP, Surya Paloh tetep tulus dan nggak mengeluarkan manuver lain ke PDIP atau masih aja kayak yang sebelum-sebelum.

Eitss. Tapi bentar dulu deh gengs. Tiba-tiba aing teringat kalau ternyata Nasdem tuh juga pernah loh minta-minta kursi menteri ke Jokowi.

Bahkan mintanya 11 kursi menteri lagi. Itu loh waktu Nasdem nggak mau kalah rebutan kursi menteri dengan PKB. Hehehe.

Hmm. Susah memang untuk memegang ucapannya politisi. Daripada percaya sama kata-kata sensasional, mendingan aing tunggu aja deh pelantikan kabinet Jokowi jilid II nanti. (R50)

► Ingin video menarik lainnya? Klik di: http://bit.ly/PinterPolitik