Anies Kenal Orang Dalam?

Anies Baswedan orang dalam Nasdem
Anies Baswedan dan Surya Paloh. (Foto: MI/Susanto)
3 minute read

“Kau telah tinggalkan hati yang terdalam, hingga tiada cinta yang tersisa di jiwa,” – Peterpan, Yang Terdalam


Pinterpolitik.com

Kayaknya, semua urusan itu gampang kelar kalau kita kenal orang dalam. Fenomena semacam ini tuh sering terjadi buat orang yang punya banyak koneksi di banyak tempat. Gak perlu bersusah-susah, urusan bisa kelar dalam sekejap berkat orang dalam.

Mau dapet tiket konser? Aman, ada orang dalam. Urus surat-surat penting? Cincai, ada orang dalam. Mau dapet jabatan penting? Gampang, ada orang dalam. Pokoknya banyak deh jalan pintas yang bisa diambil kalau kenal orang dalam.

Nah, istilah orang dalam ini sepertinya berlaku juga untuk urusan politik. Beberapa waktu lalu misalnya, Partai Nasdem menggunakan istilah ini untuk menggambarkan relasi mereka dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kalau kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, Anies Baswedan ini dianggap sebagai orang dalam bagi partainya tersebut. Hal ini membuat sang gubernur akan diundang untuk hadir di acara kongres partai tersebut yang biasanya untuk kalangan terbatas saja.


Istilah orang dalam itu mungkin aja gak sembarang ditempel aja kepada Pak Anies. Mantan Menteri Pendidikan itu memang diketahui menjadi salah satu pembaca manifesto Nasdem ketika partai itu masih berbentuk ormas. Jadi ya, Pak Anies ini tidak asinglah dengan partai tersebut.

Kalau kita balik lagi ke kemudahan-kemudahan terkait dengan orang dalam, mungkin gak sih Pak Anies ini akan mendapatkan kemudahan dari Partai Nasdem? Kan Pak Anies ini orang dalam Nasdem, pasti kenal lah dengan orang-orang dalam lain di internal partai itu.

Coba ya kalau dipikir-pikir, Pak Anies ini kan adalah salah satu kepala daerah yang banyak dapat lampu sorot secara nasional. Hal ini membuatnya jadi salah satu sosok yang dianggap potensial untuk ikut berlaga pada Pilpres 2024 nanti.

Wah, Pak Anies dianggap orang dalam oleh Nasdem. Jadi, gampanlah ya kalau ada apa-apa? Click To Tweet

Merujuk pada hal itu, apakah Pak Anies sebagai orang dalam Nasdem akan mendapatkan kemudahan khusus dari partai itu untuk berlaga di Pilpres 2024 nanti? Apakah mungkin partai yang dipimpin Surya Paloh itu akan mendukung Pak Anies untuk jadi capres  di 2024?

Ya, belum ada yang pasti sih, toh 2024 juga masih lama. Tapi ya, sebagai orang dalam, masa sih gak ada kemudahan khusus buat Pak Anies dari Nasdem? Kita tunggu aja deh nanti kepastiannya seperti apa, soalnya sekarang Nasdem sih ngakunya ngundang Pak Anies bukan untuk memberi panggung. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.