Anies ‘Kapok’ Urus Jakarta?

Anies 'Kapok' Urus Jakarta?
Gubernur DKI Jakarta, Anies R Baswedan dan Wakil Gubernur, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto : Tempo)
2 minute read

“Pemimpin yang lembek bukan hanya akan membunuh dirinya sendiri, melainkan juga bakal menghancurkan…”


PinterPolitik.com

[dropcap]A[/dropcap]nies Rasyid Baswedan ‘terbebani’ dengan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta? Ah, jangan merasa berat hati gitu dong. Mencoba jadi pemimpin yang bermental juara dong ah, weleeeh weeleeeeh.

Pasalnya bila mengingat rekam jejak, Anies sempat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang ditunjuk langsung Presiden Jokowi, ya salah satu balas budi lah karena jadi juru bicara saat kampanye Pemilihan Presiden 2014, weleeeh weleeeeh.

Kata Anies sih tugasnya saat jadi Gubernur itu lebih berat dibandingkan dengan Menteri. Ah, masa iya? Weleeeeh weleeeeh. Lebih enak kali lebih tepatnya, wkwkwk.

Weewwww! Ternyata eh ternyata, kata Anies kalau jadi Menteri itu tugasnya cuma satu aja, Anies fokus jadi policy maker. Udah itu aja? Masa iya sih ggrrrrrr.

Lah terus yang bikin beda apaan lagi antara Menteri sama Gubernur? Kalo terpilihnya jelas beda, Menteri kan harus susah payah dulu bantu Presidennya pas kampanye, uppppsss keceplosan.

Maksudnya punya kapasitas dan kedekatan sama Presiden, walaaaaahhh wkwkwk keceplosan lagi. Deket-deket kok cuma bentaran jadi Menterinya, weleeeeh weleeeeh.

Oh yang jelas sih, kata Anies, kalau jadi Gubernur itu tugasnya bukan cuma jadi policy maker, tapi policy implementation. Ah syudaaaah, jangan ngeluh jalani saja weleeeeh weleeeeh, masa pemimpin ngeluh sama rakyatnya. Lah terus, rakyatnya ngeluh sama siapa? Gggrrrrr.

Makanya kebijakan apa aja yang dibuat lebih enak dijalankan sendiri dibandingkan mantau doang, kan udah bosen jadi generasi wacana aja weleeeeh weleeeeh.

Sekali – sekali turun dan terjun langsung eksekusi kebijakannya juga lah, biar lebih puas jalani kinerjanya.

Tapi inget, dulu pas jadi Menteri kan mengawasi kebijakannya biar sesuai dengan yang dikeluarkan Menteri. Nah kalau sekarang, diawasi DPRD. Denger-denger, udah mau diinterpelasi aja. Hayooooo gimana itu? Weleeeh weleeeeh. 

Bener atau sesuai ga itu antara kebijakan yang dikeluarkan dengan eksekusinya, ah jangan-jangan malah ga sesuai lagi. Anies merasa berat jadi Gubernur? Weleeeh weleeeh. (Z19)