Ambisi Prabowo di Hadapan DPR

Prabowo Kirim Taruna Angkatan Militer ke Luar Negeri
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto : Liputan6.com)
3 minute read

“A dream without ambition is like a car without gas… you’re not going anywhere.”

 – Sean Hampton, Actor


 PinterPolitik.com

Setelah ngotot melaksanakan rapat membahas anggaran pertahanan secara tertutup dengan DPR, sekarang Prabowo Subianto kembali masuk berita dengan rencananya yang mau ngirim Taruna Angkatan Militer (Akmil) belajar ke luar negeri.

Sejauh ini, ada dua negara yang bau-baunya jadi destinasi pengiriman, Amerika Serikat (AS) dan Malaysia.

Rencana pengiriman para Taruna Akmil ini akan terbagi di tiga tempat. Untuk Angkatan Darat akan dikirim ke West Point, New York. Angkatan Udara akan dimasukkan ke Air Force Academy di Colorado. Sementara untuk Angkatan Laut akan dikirim ke Annapolis di Negara Bagian Maryland. Lengkaplah intinya ya, mantap!


Selain itu, Prabowo pun sempat bertandang ke Malaysia untuk kerja sama pertahanan. Hal ini pun disambut hangat oleh Menhan Malaysia. Sampe Dahnil selaku Jubir Prabowo bilang kalo kehadiran Prabowo sebagai Menhan Indonesia membawa kebaikan bagi negara-negara ASEAN. Tapi ini sih perlu dicek lagi, soalnya takut salah. Tapi bisa juga bener sih.

Ide ini memang belum dibawa langsung oleh Prabowo ke rapat dengan Komisis I DPR RI, namun opini dari komisi tersebut sudah beragam.

Contoh saja menurut anggota Komisi I Dave Akbarshah Fikarno, pengiriman Taruna Akmil ke luar negeri akan mengurangi nilai persaudaraan mereka.

Opini senada juga disampaikan oleh  Wakil Ketua Komisi I, Abdul Kharis Almakhsyari kalo ngirim taruna cuman setengah atau satu tahun itu udah biasa, yang gak biasa kalo sampe empat tahun itu gak mungkin karena semangat korsa dan patriotismenya akan berkurang. Lagian dengan ngirim ke luar negeri belum tentu kualitas pendidikannya lebih baik.

Tapi masa sih? Pak Dave sendiri kan lulusan California State University Jurusan Ilmu Politik. Toh sekarang kerja sebagai DPR RI yang mengabdikan diri pada tanah air. Walau DPR sering didemo tapi toh tetep cinta sama NKRI kan.

Mungkin kurangnya informasi yang bikin beberapa anggota komisi tersebut gak setuju sama ide Prabowo. Memang sih, Prabowo cukup ambisius buat ningkatin SDM militer Indonesia. Sampe-sampe beliau juga menggandeng Kemendikbud buat rekrut mahasiswa S1, S2 dan S3 Indonesia buat jadi komponen cadangan pertahanan.

Tentunya mimpi menjadikan Indonesia lebih kuat dan ambisi untuk mempertahankan negara tentunya perlu kita dukung. Makanya saya pun mendoakan semoga rapat mendatang antara Prabowo dan komisi kesayangannya berjalan lancar. (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.