Amankah Portal Aduan Johnny G. Plate?

Johnny G. Plate Buka Portal Aduan ASN Bagi Whistleblower
Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate (Foto : Selular.ID)
2 minute read

“They wanted me gone.” – Edward Snowden, Whistleblower


 PinterPolitik.com

Saat ini pemerintah lagi gencar buat membasmi radikalisme. Tentunya kita semua udah denger soal wacana Fachrul Razi mengenai pelarangan celana cingkrang dan cadar bagi ASN Kemenag. Nah sekarang Kemenkominfo ngeluarin portal aduan buat ASN.

Katanya sih tujuan utamanya memang untuk menghalau pengaruh radikalisme pada lingkup abdi negara. Jadi kalau ada ASN yang bau-baunya terjerumus ke dalam pergaulan radikal, masyarakat bisa ngelaporin ASN bandel tersebut ke www.aduanasn.id.

Memang banyak pihak yang cukup khawatir terkait kebijakan ini, terutama mengenai kebebasan bereksperesi di media sosial bagi para ASN. Sudah pekerjaan melelahkan, masa mereka gak boleh curhat di media sosial. Tujuan utama media sosial kan memang itu. Agaknya sekarang ASN sudah senasib sama media. Welcome to the club ya!


Tapi hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah masalah keamanan dari para pengadu “whistleblower”.  Pak Johnny G. Plate ini punya mekanisme perlindungan ga bagi para pengadu? Kasian dong kalo mereka memberanikan diri sekaligus memberanikan nyawa.

Selain itu, kebijakan baru ini berpotensi untuk terjadi salah lapor dan salah tangkap. Memang pengaduan harus berdasarkan bukti empiris tapi kan orang Indonesia tau sendiri, foto editan aja bisa dibilang asli. Ntar takutnya kayak litsus jaman Orde Baru lagi.

Coba bayangin kalo ada ASN pake celana cingkrang ke kantor, masak mau langsung dilaporin? Gimana kalo dia kurang bahan karena belum bisa beli. ASN juga ga sejahtera-sejahtera banget sih. Bisa aja ternyata ASN tersebut fansnya Michael Jackson. Tapi aneh juga kalo sampe cosplay ke kantor.

Kemudian juga jika ASN tersebut miara jenggot yang tebal, apa langsung otomatis terpapar radikalisme? Kan engga juga. Kalo ternyata dia fans musik metal bagaimana? Komunitas genre tersebut kan tersebar luas.

Agaknya kebijakan pengaduan ini perlu disempurnakan. Selain masalah keamanan data, potensi salah lapor dan salah tangkap juga perlu diperhatikan. Jadi Pak Johnny jangan main luncurkan aja, proteksinya mana? (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Wacana Menag Atur Majelis Taklim