Alat Tes Corona Canggih akan Datang dari Tiongkok

Foto: Kompas
2 minute read

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memerintahkan PT RNI (Persero) mendatangkan alat uji corona atau rapid test Covid-19 dari Tiongkok. Dengan alat ini, maka orang yang terpapar Covid-19 bisa diketahui secara cepat.


PinterPolitik.com

“PT RNI lagi kerja sama dengan  perusahaan Tiongkok yang memproduksi rapid test Covid-19. Rapid test Corona ini akan didatangkan dari Tiongkok sesegera mungkin,” kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam teleconference di Jakarta, Rabu (18/3).

Menurut  Arya, alat ini bisa mendeteksi Covid-19 hanya dalam waktu 15 menit. “Jadi tes Corona namanya rapid test, dapat mengetahui hasil tes yang dilakukan hanya beberapa menit. Sekitar 15 menit sampai 3 jam,” katanya.

Arya menjelaskan perusahaan pelat merah tersebut telah memesan 500 ribu unit. Namun, untuk mendatangkan alat ini perlu izin Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kami sudah pesan 500 ribu, ini RNI yang pesan, tapi kita menunggu izin Kemenkes. Kalau sudah bisa langsung kita kirimkan tes Corona dengan cepat kemana-mana,” papar Arya.


Arya menambahkan alat ini merupakan pendeteksi awal untuk melacak Covid-19. Diharapkan alat ini dapat membantu pendeteksian dini terhadap para pasien yang diduga terpapar Covid-19.

“Kalau bisa rapid test dengan cepat dikasih izin, maka permasalahan yang jadi kendala bisa terselesaikan. Walaupun rapid test bukan tes terakhir. Karena kalau dilihat positif bisa melangkah lebih jauh tes lab yang butuh 2 hari itu,” paparnya.

Namun Arya belum dapat menerangkan secara rinci ke mana alat tersebut didistribusikan, namun yang pasti akan didistribusikan oleh BUMN. Pihaknya juga belum membeberkan kisaran harga alat tersebut. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.