Ahok Jadi Dewan Pengawas KPK?

Ahok Jadi Dewan Pengawas KPK
Basuki Tjahja Purnama (Ahok) (Foto : Liputan6.com)
2 minute read

“Saya sudah selesai karier politik saya sesungguhnya, saya katakan,” – Ahok


 PinterPolitik.com

Lain drama Perppu KPK, lain drama Dewan Pengawas KPK. Ngomongin soal Dewan Pengawas KPK nih, tentunya berkutat di calon-calon pengisi jabatan tersebut. Nama-nama pun mulai bermunculan dan jadi pertimbangan. Dan tempat teramai buat ngomongin calon-calon Dewan Pengawas KPK, tak lain dan tak bukan adalah Twitter.

Menyambut keputusasaan mengenai Perppu KPK, pencalonan tokoh-tokoh yang disenangi publik pun menjadi pelipur lara. Netizen pun ramai-ramai menyebut nama tokoh favorit mereka masing-masing. Sebut saja Prof. Romli Atmasasmita, anggota Tim Perumus UU No. 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi. Muncul juga Prof. Eddy Hiariej yang terkenal keilmuannya.

Tentunya tokoh-tokoh ahli hukum akan menghiasi bursa calon Dewan Pengawas KPK. Menurut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Dewan Pengawas KPK memang akan lebih banyak diisi oleh ahli hukum, namun akan ada posisi untuk tokoh dari latar belakang lain.


Nah, kesempatan ini pun dimanfaatkan netizen untuk memasukkan tokoh yang cukup kontroversial. Contoh Antasari Azhar, mantan Ketua KPK yang sempat merasakan dinginnya penjara. Walau begitu, Antasari Azhar masih disayang sama masyarakat karena dinilai gigih memberantas korupsi di Indonesia.

Ada satu nama yang tak kalah kontroversial, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Publik menilai pribadi Ahok walau berapi-api namun jujur dan memiliki integritas yang tinggi. Walau sempat dipenjara, rupanya Ahok tetap dipuja. Tentunya yang ngusulin itu ya pendukungnya Ahok sendiri.

Beda lagi sama yang gak suka. Menurut netizen yang kontra, Ahok bukan tokoh yang bersih-bersih amat. Walau tidak pernah terbukti korupsi, perjalanan karir politik Ahok tidaklah mulus. Contoh saja, menurut akun @PerbawaDani, Ahok punya perkara yang belum selesai seperti polemik Sumber Waras, busway dan reklamasi.

Tapi kalo Ahok beneran jadi anggota Dewan Pengawas KPK, kayaknya Jokowi bakal seneng banget. Pasalnya Pak Jokowi jadi punya kesempatan menempatkan orang kepercayaannya. Ahok itu kan salah satu tokoh yang dekat dengannya, bahkan pas dilantik aja Ahok dateng sebagai keluarga. Jadi kalo Ahok jadi Dewan Pengawas KPK, Pak Jokowi bisa punya kontrol di lembaga itu. Cuman pencalonan Ahok pasti akan kontroversial sih. Pak Jokowi siap rame lagi ga nih? Kan baru selesai huru-hara. (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.