25 BUMN Keroyokan Bangun RS Corona

Foto: GenPI
2 minute read

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melibatkan 25 perusahaan pelat merah dalam melengkapi pelalatan kesehatan dan kelengkapan fasilitas pendukung lainya untuk Wisma Alet Kemayoran yang akan disulap menjadi Rumah Sakit Corona di Kemayoran, Jakarta Pusat.


PinterPolitik.com

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan keterlibatan 25 perusahaan BUMN tersebut merupakan bentuk komitmen BUMN dalam membantu pemerintah untuk penanganan virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Menurutnya, semua BUMN tersebut akan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dalam pengadaan peralatan bagi pembangungan ekspres RS Corona Kemayoran ini.

“Pengadaan peralatan kesehatan di Wisma Atlet dari anggaran CSR BUMN, ada 25 BUMN. Itu perintahnya Pak Menteri,” kata Arya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (19/3).

Adapun pembangunan dan persiapan Wisma Atlet Kemayoran untuk bisa dijadikan rumah sakit khusus pasien Covid-19 akan digarap oleh BUMN karya, seperti PT PP (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.


Sementara untuk manajemen pengelolaan gedung, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Hotel Indonesia Natour. Hal ini lantaran perusahaan pelat merah tersebut sudah profesional dalam mengelola hotel maupun gedung.

“Nanti yang ngatur pengelolaan gedung RS Corona/Wisma Atlet Kemayoran adalah BUMN bidnag perhotelan yaitu Hotel Indonesia Natour, mengingat kapasitas 2.000 kamar yang dikelola nantinya, mulai perawatan, pemeliharaan serta kebersihannya harus dikelola  secara profesional,” ujar Arya.

Sementara untuk tenaga kesehatan akan di support oleh Holding Rumah Sakit BUMN, Pertamedika dan didukung unsur TNI di dalamnya.

Arya menambahkan, kalau tidak ada kendala pembangunan Wisma Atlet menjadi RS Corona di Kemayoran, proyek tersebut akan  tuntas dalam minggu depan. “Minggu depan siap operasi lah Wisma Atlet ini,” pungkas Arya. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.